7 Keuntungan Investasi Emas

Bermanfaat 0

Berinvestasi dapat dilakukan tidak hanya dengan saham saja. Banyak sekali pilihan produk invetasi yang bisa kamu pilih entah itu produk investasi klasik seperti emas hingga investasi reksadana secara online. Berbicara masalah investasi emas, meskipun investasi tersebut tergolong sebagai investasi klasik, tetapi banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari melakukan investasi jenis ini. Kira-kira apa saja keuntungannya? Simak selengkapnya berikut.

Mudah dibeli dan Mudah diuangkan

Membeli emas sebagai bentuk investasi begitu mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengunjungi toko emas yang sudah tepercaya dan bereputasi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kualitas emas yang orisinal dan tanda terima yang sah untuk keperluan referensi di masa mendatang. Ketika kamu sedang dalam kebutuhan darurat dan ingin menjual emas tersebut, kamu pun dapat melakukannya dengan menjual di toko emas atau di lembaga gadai. Secara umum, keuntungan yang didapatkan dari menjual emas pun lebih banyak dibandingkan dengan harga belinya.

Harga yang Cenderung Naik dari Waktu ke Waktu

Tidak diragukan lagi, harga emas dari waktu ke waktu terus saja naik sesuai dengan skema pasar. Oleh karenanya, bisa dikatakan berinvestasi emas cenderung lebih menguntungkan karena kamu akan terhindar dari kerugian. Berbeda dengan investasi jenis saham yang bisa saja naik turun, sehingga cukup beresiko.

Dapat dijadikan Tabungan Masa Depan

Mengingat nilai dari emas yang tetap naik dari tahun ke tahun, serta bentuk fisiknya yang tidak berubah, maka ini bisa membuat emas menjadi salah satu tabungan untuk kehidupan di masa mendatang. Selain bisa menjadi aset bagi diri sendiri untuk masa depan, emas juga bisa jadi aset yang diturunkan ke generasi selanjutnya. Sehingga, bisa dibilang emas merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang keuntungannya tak terbatas pada diri sendiri saja.

Terjamin Keamanannya dibandingkan Instrumen Investasi Lain

Bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, nilai emas cenderung tidak fluktuatif seperti halnya nilai-nilai instrumen lain. Bahkan setelah beberapa tahun mendatang, harga emas umumnya akan lebih naik. Sehingga, ini akan memberikan keamanan asetmu di masa depan.

Tidak Terpengaruh Oleh Kebijakan Pemerintah

Saat kamu memutuskan untuk melakukan investasi berwujud emas, harga dari emas tidak akan terpengaruh oleh adanya kebijakan pemerintah dalam hal ekonomi. Ini disebabkan harga emas disesuaikan dengan kondisi pasar. Bukan hanya itu, kamu juga tak akan dikenai pajak-pajak tertentu saat membeli maupun menjual emas.

Tidak Terpengaruh Oleh Inflasi

Salah satu resiko yang harus dihadapi oleh para investor ketika melakukan investasi adalah adanya inflasi. Inflasi ini bisa dibilang cukup berbahaya terutama dalam investasi jangka panjang. Untuk menghindari hal ini, berinvestasi berupa emas atau hard asset lainnya jauh lebih disarankan. Sejak dulu, emas memang diketahui mempunyai performa bagus dan tidak terdampak akan adanya inflasi. Jadi, investasi emas tergolong pilihan cerdas buat kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang tanpa takut terkena resiko inflasi.

Produk Investasi yang Tinggi Peminatnya Secara Global

Bukan hanya diminati oleh satu atau dua negara saja, emas merupakan jenis produk investasi yang diminati secara global. Hal ini lantaran kelebihan-kelebihan dari emas dari instrumen investasi lain. Apalagi emas juga tidak akan terpengaruh oleh kondisi krisis ekonomi global. Nilainya akan tetap naik atau stabil meski krisis sedang terjadi. Pastinya ini akan jadi keuntungan yang paling menguntungkan diantara keuntungan lainnya.

Nah, setelah mengetahui 7 keuntungan investasi emas yang sudah dijabarkan di atas, pastinya kamu jadi makin yakin bukan untuk terjun ke dunia investasi emas? Yuk mulai berinvestasi sebagai bagian dari tabungan untuk masa depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.