5 Strategi Bisnis di Era Digital

Bermanfaat 0
Strategi Bisnis di Era Digital

Semua pemilik bisnis pasti setuju jika membangun bisnis juga membutuhkan strategi bisnis yang jitu. Dengan bantuan strategi bisnis yang tepat, maka akan membantu kamu sebagai pemilik bisnis untuk menarik konsumen lebih banyak.

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang, strategi bisnis yang perlu diterapkan tentu tidak sama dengan strategi bisnis non digital. Ada banyak strategi bisnis yang patut kamu terapkan di era digital ini, beberapa diantaranya akan dirangkum secara khusus berikut. Yuk simak selengkapnya.


Promosi Lewat Sosial Media

Penggunaan sosial media sekarang ini bukanlah sebuah hal baru yang asing bagi masyarakat. Justru sosial media telah menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat yang memegang peranan penting. Namun, selain untuk kegiatan bersosialisasi, tidak sedikit yang mulai menggunakan sosial media sebagai tempat untuk memasarkan produk.

Dalam memasarkan produk lewat sosial media, kamu harus mengetahui kalau tiap sosial media punya ciri khasnya tersendiri. Misalnya, promosi produk lewat sosial media Instagram setidaknya mengharuskanmu untuk memajang foto produk yang bisa membuat orang tertarik. Lalu, jika kamu memasarkan produk lewat TikTok, maka kamu harus bisa menarik pelanggan lewat konten video yang menarik.

Menjual Produk di Marketplace

Kemudahan berbisnis di era digital juga dipengaruhi oleh banyaknya marketplace yang bermunculan. Marketplace ini memungkinkan banyak pemilik brand atau produk untuk memasarkan produknya secara online. Namun, dikarenakan sekarang juga banyak brand yang memasarkan produknya di marketplace, kamu juga perlu untuk menggunakan strategi khusus supaya toko online yang kamu juga mendapat banyak pelanggan.

Strategi tersebut misalnya memberikan promo secara rutin, ramah saat melayani customer, memberikan deskripsi produk yang jelas, menyediakan banyak pilihan jasa pengiriman, dan lain sebagainya.
Membangun Website dan Mengoptimalkan SEO

Di era digital, membangun website untuk kepentingan bisnis memang tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi, suatu brand akan dipandang sangat profesional jika mempunyai website tersendiri. Mempunyai website juga akan membuat pelanggan lebih mudah terhubung dengan pemilik bisnis dan pastinya juga bisa dipakai untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Dalam membangun website, adakalanya pemilik bisnis harus memberikan informasi lewat tulisan di blog website. Nah, dalam hal ini, optimalisasi SEO sangat dibutuhkan supaya tulisan yang dibuat juga bisa menjangkau banyak orang. SEO pun sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk website saja, namun juga bisa diterapkan saat kamu menjual produk di marketplace hingga memasarkannya di sosial media.

Affiliate Marketing


Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi melibatkan tiga pihak yaitu merchant, affiliate, dan pelanggan. Metode pemasaran ini sudah tak lagi asing di era digital. Dalam penerapannya, affiliate marketing ini akan memungkinkan seseorang atau sekelompok orang (affiliate) untuk mendapatkan komisi jika berhasil mempromosikan produk milik merchant dan produk tersebut dibeli oleh pelanggan.

Sekarang ini, jumlah perusahaan yang bergerak di bidang affiliate marketing juga tidak sedikit. Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa seperti ini, maka sebisa mungin kamu harus selektif dalam memilih perusahaan yang tepat.

Influencer Marketing

Buat kamu yang sudah lama bermain sosial media, pastinya sudah tidak lagi asing dengan istilah satu ini, bukan? Influencer marketing ini merupakan strategi promosi bisnis yang dilakukan dengan bantuan influencer sosial media. Orang yang dapat dikatakan sebagai influencer di sosial media adalah orang orang yang punya followers atau pengikut dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu, orang tersebut juga dinilai punya pengaruh kuat terhadap followers mereka. Strategi bisnis seperti ini dinilai cukup efektif dikarenakan secara tidak langsung para influencer itu bisa mempengaruhi followers mereka dengan apa saja yang mereka pakai dan sampaikan.

Itu dia 5 strategi bisnis yang patut untuk kamu coba terutama buat kamu pemilik bisnis di era digital ini. Pastinya penerapan strategi di atas bisa dibilang gampang-gampang susah. Nah, dari 5 strategi yang sudah disebutkan, manakah startegi yang sudah kamu coba?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.