5 Tips Belajar Online Agar Efektif

Bermanfaat 0
Tips Belajar Online


Sejak masa pandemi COVID-19 mulai mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia, pemerintah sudah mencanangkan langkah untuk menutup kegiatan belajar sekolah. Meskipun begitu, kegiatan belajar tetap harus dilakukan dan diganti dengan belajar secara online.

Proses belajar secara online dirasa kurang efektif bagi beberapa siswa, akan tetapi hal ini tetap harus dijalankan di tengah kondisi seperti sekarang. Jika kamu termasuk salah satu yang merasa kesulitan dengan belajar secara online, simak yuk 5 tips belajar online berikut supaya lebih efektif.


Atur Jadwal Belajar


Menyusun jadwal belajar yang rinci selama masa belajar online menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jadwal belajar ini akan membuatmu lebih fokus dalam mengatur waktu belajar dan memaksimalkan pembelajaran suatu materi. Umumnya, dari pihak sekolah pun sudah memberikan jadwal khusus untuk waktu pembelajaran online, tetapi kamu juga bisa menyusun sendiri jadwal belajar online di luar jadwal yang diberikan gurumu. Jadwal tersebut bisa kamu gunakan untuk pengulangan materi atau untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurumu.

Pilih Ruangan yang Nyaman


Saat belajar tentunya kamu membutuhkan ruangan nyaman dan kondusif, bukan? Meskipun saat belajar online kamu habiskan di dalam rumah, kamu tetap harus menyiapkan ruangan tersendiri supaya proses belajar online tidak terganggu oleh aktivitas lain di rumah.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menginformasikan ke anggota keluarga yang lain jika pada jam sekian hingga sekian adalah waktumu untuk belajar. Sehingga, anggota keluarga yang lain pun tidak akan mengganggumu di waktu tersebut.


Senyapkan Notifikasi Handphone


Saat belajar online, handphone atau laptop memang menjadi alat yang menunjang kegiatan belajar. Akan tetapi, notifikasi dari aplikasi lain seperti sosial media bisa saja menjadi distraksi yang akan mengganggu kegiatan belajar tersebut. Oleh karenanya, untuk menghindari distraksi yang menyebabkanmu gagal fokus, usahakan untuk mensenyapkan segala notifikasi dari aplikasi yang tidak dibutuhkan selama proses belajar.

Usahakan Koneksi Internet Stabil


Koneksi internet menjadi penentu lancar atau tidaknya proses belajar online yang kamu lakukan. Tanpa adanya koneksi internet, kamu tidak akan bisa mengakses berbagai materi pelajaran yang dikirimkan secara online.

Untuk itu, sebelum memulai proses belajar usahakan untuk mengecek terlebih dulu apakah koneksi internetmu sudah stabil atau belum. Biasanya di dalam rumah ada titik-titik tertentu atau tempat di mana sinyal bisa berjalan lancar. Jika memungkinkan, gunakanlah ruangan tersebut untuk belajar online.

Dengarkan Musik dan Siapkan Camilan

Bagi beberapa orang, mendengarkan musik bisa membuat lebih fokus saat belajar dan bekerja. Bahkan, ada sebuah studi yang mengatakan jika saraf otak manusia akan bekerja lebih maksimal ketika mendengarkan musik. Secara tidak langsung, musik akan mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan memori, kognitif, serta emosional. Ini akan membawa pada membaiknya suasana hatimu, serta menajamkan memori saat belajar.

Selain musik, salah satu hal yang bisa membuat tubuh dan pikiran tetap fokus adalah adanya camilan dan minuman. Kamu boleh saja semangat dan fokus belajar, tetapi tidak boleh melupakan makan dan minum. Apalagi, minuman terutama air putih adalah hal yang penting untuk kesehatan. Jadi, usahakan dua hal tersebut tidak kamu lupakan saat belajar online ya. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan pula dalam menyiapkan camilan karena justru itu akan membuatmu malah tidak fokus belajar, tetapi fokus nyemil.


Jadi, itulah 5 belajar online agar efektif selama masa pandemi COVID-19 ini. Belajar online memang membutuhkan fokus yang lebih ketimbang belajar secara offline. Untuk itu, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas dan tetap jaga kesehatan badan serta pikiran supaya semangat belajar tidak hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.